Strategi Siaran Radio

No comment 28 views

Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa radio adalah bagian dari kehiduppan mereka. Radio sendiri sebagai sumber informasi memiliki peran sebagai penghibur yang juga sekaligus sebagai penghibur supaya mampu mengubah perilaku masyarakat.

Strategi Siaran Radio

Sebagai contoh di Afrika selatan, tempat yang memiliki tingkat AIDSnya tinggi, peran vital radio disini adalah dalam hal social marketing, mengubah perilaku masyarakat demi kesehatan komunitas. Di negara semacam ini, radio yang sukses diukur bukan dengan jumlah pendengar atau peningkatan dana, tetapi dengan kemampuan mengadakan perubahan dalam harapan hidup.

Di negara maju, peran radio lain lagi, yakni menjadi forum diskusi dan memunculkan ide-ide membangun jaringan komersial, juga gaya hidup (life style). Info ekonomi menjadi penting.

Strategi program siaran radio tidak bisa jauh dari yang namanya strategi pemasaran. Sebuah strategi pemasaran stasiun radio pada umumnya akan bisa menjawab pertanyaan berikut ini:

A. Rencana apa yang anda persiapkan untuk stasiun radio ini? Dan bagaimana anda akan tahu jika sukses?

B. Siapa target pendengar anda?
C. Persepsi apa yang anda harapkan dari pendengar tentang radio anda?

Dan jawabanya yang akan anda jawab, sudah pasti berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pendengar yang anda dapat ketika anda menyelesaikan survey pendengar.

Email Autoresponder indonesia

Leave a reply "Strategi Siaran Radio"