Perbedaan Format AAC+ dan Mp3

No comment 13 views

icon-1728567_640Dalam dunia radio streaming tentunya sudah tidak asing lagi dengan AAC+ dan Mp3, ya itu adalah format file audio yang sering digunakan dan yang paling popular utnuk digunakan. Lantas kalau ke 2 nya populer dan sering di gunakan, mana format yang paling bagus? Jawabanya adalah sesuai kebutuhan anda, dan artikel ini akan membantu anda menemukan jawaban dan kebutuhan anda mengenai perbedaan format aac+ dan mp3 untuk radio streaming anda

AAC+

Advance audio coding, atau yang biasa disingkat aac, sebenarnya aac+ adalah format file bbaru, namun telah dipopulerkan oleh apple, karena telah di integrasikan kedalam software music apple, itunes, ipod portable audio player. Karena mendapat popularitas yang cukup tinggi, AAC+ lebih kompatible dengan media pemutar music, seperti Ipod, Ipod adalah satu-satunya pemutar musik yang dapat memutar format mpeg-4 aac. Selain itu kualitas aac+ dengan bitrate 32kbps, setara dengan mp3 dengan bitrate 132kbps, tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi pengguna radio streaming, karena semakin kecil yang bitrate yang terpakai, bandwidth yang digunakan juga semakin kecil.
ipod-932995_640
kelemahan dari format aac adalah ketika digunakan untuk kebutuhan radio online, belum bisa langsung memutar di web radio online, harus menggunakan software seperti winamp dll, namun beberapa server penyedia radio online sudah bisa menyajikannya untuk bisa langsung didengarkan di website anda, namun tentunya dengan harga yang tidak murah, namun tetap tetrjangkau.
MP3
MP3 adalah codec kompresi lossy paling tua dan yang pertama tentunya, format audio ini banyak dikenal orang karena banyak audio player yang mendukung format ini, bit rate yang di gunakan mp3 dimmulai dari 32kbps sampai 132 kbps. Meskipunn kualitasnya tidak sebagus aac+, mempunyai keunggulan tersendiri yaitu radio streaming anda nisa diakses melalui berbagai perangkat, dan bisa didengarkan langsung melalui streaming player yang ada pada website anda
Namun keunggulan yang sudah ada tidak di ikuti dengan kualitas audio mp3, karena untuk mencapai kualitas yang bagus harus memakai bitrate yang tinggi, tentu hal ini menjadikan streaming anda lebih boros bandwidth, dan yang pasti akan memperbesar delay.

 

Email Autoresponder indonesia

Leave a reply "Perbedaan Format AAC+ dan Mp3"