Peran Sales Marketing Di Stasiun Radio

Bagian pemasaran atau biasa di sebut sales marketing memegang peran penting dalam mendorong kemajuan media penyiaran, bahkan bisa menentukan kelangsungan hidup suatu penyiaran media komersil.

Media penyiaran sendiri adalah tempat beriklan, pemasaran waktu siaran ( air time ) merupakan sumber pendapatan utama bagi media penyiaran. Sementara departemen pemasaran bertanggung jawab menjual waktu siaran kepada para pemasang iklan. Departemen pemasaran adalah sumber utama pendapatan media penyiaran. Kemampuan menjual waktu siaran sangat tergantung keberhasilan bagian program dalam menarik audien, khususnya audien yang diinginkan pemasang iklan.

Departemen pemasaran bertanggung jawab dalam hal :

1. Menjual waktu siar kepada pemasang iklan
2. Menyediakan sarana dimana pemasang iklan dapat mencapai target audien dengan biaya kompetitif.
3. Menghasilkan pendapat yang cukup agar stasiun penyiaran dapat beroperasi secara kompetitif.
4. Menghasilkan keuntungan bagi pemilik stasiun.
5. Pada media penyiaran berskala kecil, Kepala stasiun merangkap sebagai manajer pemasaran, sedang pada media penyiaran besar tugas pimpinan dan tugas menjalankan departemen pemasaran adalah dua pekerjaan purna waktu untuk dua orang berbeda yang tidak bisa dirangkap.

Selain itu membuat kesepakatan antara stasiun penyiaran dengan pemasang iklan untuk menentukan kapan suatu iklan dapat disiarkan, antara lain :

-Waktu tetap ( fixed time / fixed position ) adalah bentuk kesepakatan penempatan iklan yang paling mahal ( premium rate )

-Waktu tertentu ( run of the schedule ) adalah kesepakatan dimana waktu penayangan suatu iklan ditentukan oleh stasiun penyiaran. Bukan ditentukan oleh pemasang iklan.

-Preemptibility adalah bentuk kesepakatan dimana stasiun penyiaran menawarkan pemasangan iklan dengan harga murah ( discount rate ) namun dengan syarat iklan itu akan diganti lain yang bersedia membayar lebih mahal.

-Paket iklan adalah stasiun penyiaran memberikan tariff yang lebih murah kepada iklan yang ditayangkan berulang – ulang daripada iklan yang disiarkan hanya beberapa kali.

-Kesempatan pertama adalah kesepakatan antara stasiun penyiaran dengan p[emasang iklan untuk memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada pemasang iklan tertentu untuk menayangkan iklannya.

-Kesepakatan khusus adalah mengatur tarif iklan berdasarkan jumlah audien yang mengikuti suatu program siaran.

Email Autoresponder indonesia

Leave a reply "Peran Sales Marketing Di Stasiun Radio"