Mengenal Amplitudo Modulation (AM)

No comment 10 views

Ada 2 bentuk gelombang radio dari pemancar yaitu AM (amplitudo modulation) dan FM (Frequency Modulation)
Pada atrikel kali ini kita akan membahas mengenai AM, untuk FM silahkan membaca di artikel saya selanjutanya ya.

radio-1475055_640

AM adalah bentuk modulasi dimana sinyal informasi digabungkan dengan sinyal pembawa berdasarkan perubahan amplitudo. Besarnya amplitudo sinyal informasi mempengaruhi besarnya frekuensi sinyal pembawa.

Modulasi ini mempergunakan amplitudo sinyal analog yang membedakan kedua keadaan sinyal digital. Pada AM, frekuensi dan sinyal tetap. yang berubah amplitudonya. Parameter sinyal yang mengalami perubahan adalah amplitudo, amplitude sinyal pembawa berubah-ubah sesuai dengan perubahan amplitudo sinyal informasi.

Kelebihan yang dimiiki AM adalah memiliki range jangkauan yang laus karena sinyal AM mampu dipantulkan pada lapisan udara teratas. Lebih mudah dimodulasi ketimbang sinyal FM, karena lebih sederhana, perubahan sinyal menjadi suara dapat dilakukan dengan peralatan sederhana, jika sinyal cukup kuat, tidak memerlukan sumber daya khusus.

Namun AM juga memiliki kekurangan, diantaranya rentan terganggu atmosfir, daya yang dibutuhkan AM lebih besar ketimbang FM, selain itu karena AM menggunakan bandwidt yang tidak banyak, maka hal ini membatasi kualitas suara yang disampaikan oleh penyiar radio.

Email Autoresponder indonesia

Leave a reply "Mengenal Amplitudo Modulation (AM)"