Macam-Macan Manajemen Radio

No comment 293 views

Dibawah ini akan dijelaskan secara mendalam mengenai divisi yang terdapat dalam manajemen radio atau manajemen siaran musik di stasiun radio antara lain :

I. Marketing

Divisi marketing memiliki tanggungjawab dalam mencatat setiap order iklan yang akan di tayangkan di radio dengan keinginan pemesan iklan (klien), sehingga pada suatu saat seseorang (klien) yang mewakili sebuah badan usaha atau institusi ingin menyiarkan iklan tersebut di radio maka divisi marketing dapat secara mudah mengetahui jadwal yang masih dapat digunakan untuk menyiarkan iklan tersebut dan informasi tersebut dapat secara cepat disampaikan kepada pemesan iklan (klien) dan si pemesan iklan dapat segera menentukan jadwal untuk penyiaran iklannya.

Dalam mengerjakan tugasnya manajemen marketing mempunyai tugas yang lebih mendetail tersendiri. Yang akan kita bahas di artikel selanjutnya 😉

II. Music Director
Divisi Music director bertugas untuk membuat format audio lagu dan iklan jika terdapat pesanan dari biro iklan, setelah membuat audio, divisi ini mencatat data-data tersebut. Data-data ini diperlukan oleh bagian lainya  seperti divisi produksi dan siaran berupa data lagu dan iklan yang akan diputar pada saat itu.
Manajemen radio mempersiapkan divisi music director ini sebagai divisi yang dapat meneriman permintaan segala jenis/bentuk format audio lagu dan iklan untuk diolah agar hasilnya dapat didengar secara menarik dan berkualitas. Divisi music director memilki fasilitas diantaranya :

1) Master lagu
Master lagu ini adalah untuk melakukan proses pencatatan lagu-lagu yang dimiliki oleh radio. Proses pencatatan dibedakan berdasarkan kategori lagu dan format medianya (MP3,WAV,MIDI) dan akan disimpan dalam database sehingga data tersebut dapat digunakan oleh divisi siaran.
2) Master Iklan
Master iklan adalah untuk melakukan proses pencatatan iklan-iklan yang diinginkan oleh klien. Proses pencatatan ini dibedakan berdasarkan produk yang akan di iklankan dan akan disimpan dalam database server, sehingga data tersebut dapat digunakan oleh divisi siaran atau penyiaran.

III. Produksi
Setiap media informasi elektronik yang berdiri terutama media radio akan memberikan suatu bentuk acara yang berbeda sebagai ciri khas media tersebut, oleh sebab itu acara-acara yang akan disiarkan terlebih dahulu harus di tentukan oleh bagian Produksi. Dua tahapan yang harus dilalui di divisi acara, diantaranya :
1) Input Acara
Yaitu masukan untuk menentukan jadwal acara yang akan disiarkan pada periode tertentu, berikut dengan penyiar.
2) Input Berita
Yaitu masukan untuk menuliskan berita yang dapat berasal dari media cetak (koran, tabloid, majalah dan lainnya) atau informasi dari pendengar dan menetukan jadwal pembacaan berita tersebut oleh penyiar.

IV. Siaran
Divisi siaran mempunyai tugas untuk menyiarkan semua produksi yang telah di tetapkan oleh bagian lain, diantaranya :
1) Menyiarkan acara yang telah disiapkan oleh divisi produksi sesuai dengan jam yang telah ditentukan.
2) Memutar lagu
3) Memutar iklan
4) Memutar berita

Penyiaran pada sebuah radio siaran terdiri dari siaran kata dan siaran Musik. Jika kita sudah menetapkan sasaran pendengar, maka klasifikasi musik yang akan di mainkan sangat berpengaruh terhadap kumpulan pendengar yang mencerminkan status sosial ekonominya, Oleh karena itu pemprograman musik yang dimainkan menjadi sesuatu yang sangat penting. Pengarah musik harus memahami jenis musik dan tahun beredarnya musik yang sesuai sasaran pendengarnya.

V. Monitoring
Setelah menetukan jadwal acara dan berita, divisi produksi memilki tugas untuk memonitor penayangan lagu dan iklan sesuai dengan tanggal tersebut. Setiap penayangan memiliki laporan berbentuk bukti siar, yang menyatakan bahwa acara, lagu atau iklan tersebut telah disiarkan. Bukti siar tersebut dapat digunakan bila sewaktu-waktu dibutuhkan oelh pihak yang menggunakan jasa radio sebagai bukti bahwa iklan tersebut telah ditayangkan.
Informasi yang di tampilkan merupakan data hasil pemutaran lagu dan iklan dari divisi siaran yaitu berupa waktu pemutaran iklan dan lagu pada tanggal tersebut. Hal ini dapat di konfirmasi dengan data yang diterima dari Divisi marketing, pada saat menentukan jadwal pemutan iklan.

Email Autoresponder indonesia

Leave a reply "Macam-Macan Manajemen Radio"