Karakteristik Untuk Radio Siaran

No comment 186 views

Radio siaran memiliki karakteristik yang sudah terkenal unik dan khas. Radio mempunyai cara tersendiri untuk memikat pendengarnya, dengan musik/lagu, maupun sound effect.

Pada dasarnya radio memiliki karakteristik yang khas, dan kali ini saya akan membahasnya. Karena radio siaran hanya bisa di dengar, Imajinasi pendengar bisa beragam persepsinya. Radio menciptakan theater of mind seperti pada artikel sebelumnya. Pendengar bisa terhanyut perasaannya saat ia mendengarkan drama radio yang disiarkan.
1. Auditori
Radio adalah bunyi atau suara yang hanya bisa di konsumsi oleh telinga. Maka dari itu, apa yang di dengar oleh telinga kemampuannya cukup terbatas. Untuk itu, pesan radio siaran harus jelas, singkat dan sepintas lalu, dan diusahakan untuk tidak terlalu detail dalam penyampaian berita
2. Akrab
Media Radio siaran adalah intim, karena penyiar menyampaikan pesannya secara personal/individu. Walaupun radio itu di dengar oleh orang banyak, namun sapaan dari penyiar yang khas seolah ditujukan kepada diri pendengar secara seorang diri, seakan-akan berada di sekitarnya. Sehingga radio bisa menjadi ”teman” di kala seseorang sedang sedih ataupun gembira.

3. Gaya percakapan
Bahasa yang digunakan bukan bahasa tulisan, tetapi gaya percakapan sehari-hari. Tak heran bahasa-bahasa percakapan yang unik muncul dari dunia radio yang diperkenalkan penyiar menjadi sesuatu yang trend. Ingat, jangan gunakan Bahasa seperti anda sedang berpidat

Email Autoresponder indonesia

Leave a reply "Karakteristik Untuk Radio Siaran"